Dalam menghadirkan posting yang bermutu dalam blog, Anda perlu banyak variasi agar
pengunjung tetap blog Anda tidak cepat bosan jika harus kembali lagi ke
blog Anda. Hal ini dimaksudkan untuk menambah daya tarik blog Anda.
Selain itu, dengan cara ini brand blog Anda juga bisa menjadi semakin
kuat. Maka dari itu, saya mencoba membagi-bagi tipe-tipe
posting yang
bisa menarik minat baca pengunjung. Simak selengkapnya dalam posting
ini.
17 Tipe Posting Menarik
1. Tutorial. Postingan jenis ini menjelaskan cara seseorang melakukan sesuatu secarastep by step.
Postingan ini bisa dianggap sebagai tipe yang paling banyak dicari oleh
pengunjung. Contoh kecil adalah saat Anda ingin memodifikasi blog, maka
Anda pasti akan membuat artikel-artikel tutorial mengenai modifikasi
blog.
2. Informasi. Postingan
jenis ini menjelaskan suatu hal agar pengunjung yang sebelumnya tak
paham tentang istilah tersebut bisa mengerti. Misalkan membahas tentang
SEO, maka akan dijelaskan SEO itu apa, siapa yang memulainya, dst.
Postingan jenis ini termasuk banyak yang mencari, terutama para pemula
di suatu bidang.
3. Definisi. Kalau
yang ini tentang definisi suatu istilah. Anda menyampaikan definisi
suatu istilah agar yang membacanya bisa mengerti. Bedanya dengan tipe
posting informasi, postingan definisi biasanya lebih pendek. Sebab hanya
menyampaikan definisinya saja. Yang penting pembacanya paham arti suatu
istilah.
4. Review. Artikel
jenis ini mereview atau membahas tentang sesuatu. Biasanya berupa
produk atau jasa. Artikel jenis ini cukup digemari. Karena biasanya
dijadikan pegangan sebelum seseorang berniat membeli sesuatu. Review
yang disampaikan mengulas tuntas produk/jasa tersebut. Ditambahkan
dengan opini tentang plus minus-nya. Selain produk atau jasa, bisa juga
membahas mengenai sebuah situs web atau blog. Intinya mengulas tentang
sesuatu dan menyampaikan penilaian Anda tersebut terhadap pembaca.
5. Daftar. Artikel
berupa daftar ini sangat digemari pembaca. Sebab sangat mudah untuk
dipahami karena sudah disusun dalam daftar (list). Ciri artikel ini
biasanya menuliskan angka dalam judulnya. Seperti contohnya artikel
berjudul “17 Tipe Posting Blog yang Menarik”.
6. Penelitian. Artikel
jenis ini memaparkan hasil penelitian atau riset yang Anda lakukan.
Misalnya Anda meneliti teknik promosi yang paling banyak dipakai,
hasilnya Anda sampaikan dalam bentuk postingan. Postingan jenis ini
memang butuh waktu lama. Sebab harus didahului dengan riset. Namun meski
begitu nantinya akan banyak dijadikan rujukan. Sehingga pastinya back
link mengalir ke posting ini. Posting jenis ini biasa dilengkapi dengan
tabel atau grafik hasil penelitian.
7. Download. Postingan
jenis ini biasanya sangat singkat. Yang penting terdapat link untuk
mendownload sesuatu. Bisa berupa ebook, software, musik, atau film.
Postingan ini sangat disukai pembaca. Karena banyak pengunjung yang suka
mendownload. Anda pun bisa membuatnya dengan mudah. Seperti membuat
tulisan yang panjangnya 10-15 halaman dan diformat dalam bentuk ebook.
8. Wawancara. Postingan
jenis ini disusun dalam format tanya-jawab. Anda sebagai pemilik blog
bisa mewawancarai pakar yang terkait dengan tema blog Anda. Misalnya,
kalau tema blog Anda tentang blogging, Anda bisa wawancarai blogger
terkenal. Kalau tema blog Anda tentang ekonomi, mungkin Anda bisa
mewawancarai ahli ekonomi. Artikel jenis ini juga sangat disukai
pembaca. Karena memudahkan pembaca menyimak. Pertanyaan dan jawaban
tersaji langsung sehingga pembaca seperti ikut mendengarkan langsung
saat Anda mewawancarainya. Selain itu, banyak orang yang tertarik untuk
tahu pAndangan, pendapat, atau opini dari pakar tersebut.
9. Perbandingan. Postingan
jenis ini membandingkan dua hal. Bisa berupa dua produk atau layanan
yang levelnya sama. Keduanya dibandingkan lebih baik yang mana pada
beberapa sisi. Keuntungan bagi pembaca blog Anda, bisa langsung tahu
kelebihan dan kekurangan suatu produk/jasa. Karena itu posting ini
termasuk yang paling dicari. Contohnya seperti artikel “Pilih Mana,
Blogger atau Wordpress?”
10. Studi kasus. Artikel
jenis ini menyajikan suatu studi kasus. Misalnya tentang suatu blog
yang terjual Rp 100 juta. Pasti banyak orang yang tertarik
mengetahuinya. Mereka ingin tahu bagaimana ceritanya sampai blog
tersebut bisa terjual segitu. Lika-liku suatu kasus sangat dinantikan
banyak orang.
11. Profil. Posting
ini menjelaskan profil seseorang yang biasanya sudah terkenal. Dalam
postingan tersebut dijelaskan lengkap mulai dari biodata sampai
kesuksesan yang diraihnya sekarang. Artikel jenis ini banyak dicari
karena menumbuhkan motivasi dan inspirasi.
12. Motivasi. Artikel
jenis ini bertujuan memotivasi orang. Seperti mengajak orang untuk
bangkit dan optimis dalam hidup. Intinya, mengobarkan semangat dan
optimisme agar tak pernah menyerah. Artikel jenis ini sangat dinanti dan
membuat pembacanya serasa mendapat suntikan semangat baru setelah
membacanya.
13. Postingan berisi link ke blog lain. Saat
ini, postingan jenis ini sangat mudah ditemukan di banyak blog.
Intinya, terdapat link yang mengarah ke blog lain. Tujuan dari link
tersebut untuk memberikan informasi yang lebih lengkap tentang suatu
hal. Dengan link tersebut, pengunjung sangat terbantu karena mendapatkan
penjelasan yang lebih komplet. Bagi pemilik blog sendiri, memberi link
bisa menguatkan hubungan dengan blogger lain.
14. Komentar. Artikel
jenis ini berisi komentar dari suatu hal. Biasanya sebelumnya, Anda
dahului dengan sebuah permintaan berkomentar kepada pengunjung tentang
suatu hal. Kemudian komentar dari para pengunjung itu Anda kumpulkan dan
pilih dalam posting khusus. Tak lupa Anda memberi tanggapan terhadap
masing-masing komentar. Postingan jenis ini bisa menguatkan hubungan
dengan para pengunjung blog Anda.
15. Kilas balik. Artikel
jenis ini menyampaikan kilas balik perjalanan suatu hal. Bisa berupa
blog, website, atau yang lainnya. Dalam posting ini diceritakan
secara gamblang segala hal yang terjadi. Umumnya posting ini dilakukan
pada menjelang akhir tahun sebagai cerminan atas pencapaian yang diraih.
16. Prediksi. Nah
kalau yang ini kebalikannya. Berisi prediksi atau perkiraan suatu hal.
Misalnya tentang prediksi bisnis internet tahun 2009. Anda bisa analisis
yang telah terjadi dan kemudian memprediksi yang akan terjadi
berikutnya. Biasanya postingan ini dilakukan pada akhir tahun. Sedang
untuk prediksi
produk, biasanya dituliskan sebelum atau beberapa saat setelah
peluncuran produk. Postingan prediksi sangat menarik dan kerap memancing
perdebatan hangat.
17. PengAndaian. Artikel
jenis ini berisi tentang suatu hal yang belum terjadi. Cirinya biasanya
berjudul “SeAndainya...”. Tentunya pengAndaiannya tetap disesuaikan
dengan topik blog. Sebagai contoh kalau topik blog Anda tentang politik
misalnya, Anda bisa menulis “SeAndainya Tukul jadi Presiden”. Artikel
jenis ini kuat mengundang perhatian dan membuat gatal pengunjung untuk
segera berkomentar.
Silahkan pilih posting yang sesuai dengan karakter blog Anda dan tulis
di blog Anda. Anda tidak perlu menggunakan semua tipe posting ini,
gunakan hanya agar blog Anda terkesan selalu menghadirkan kreativitas
dan inovasi baru. Sekarang, posting jenis manakah yang akan Anda gunakan
terlebih dahulu?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Budayakan Komentar dengan kata-kata yang baik dan sesuai EYD
hehehehe